ARTICLE
Mengatur Keuangan Pasca Pernikahan
27 Nov 17
Mengatur Keuangan Pasca Pernikahan
 
Masalah keuangan biasanya menjadi prioritas utama untuk dibahas pasca menikah. Bahkan tak sedikit pasangan yang akhirnya berpisah karena tersandung masalah keuangan. Tak masalah betapa buruknya pendapatan masing-masing, pengelolaan yang baik bisa mengatasi berbagai masalah keuangan. Berikut beberapa tips mengatur keuangan pasca pernikahan:
 
Bertindaklah Sebagai Sebuah Tim
Dilansir dari wowheboh.com, menurut Erin Burt, editor kontributor Kiplinger.com, sebaiknya pasangan berbagi tanggung jawab keuangan bersama. Upayakan setiap bulan membicarakan urusan keuangan bersama pasangan. Rencana keuangan akan berhasil dilakukan jika keduanya mau menjalaninya dengan baik. Berbagi tugas keuangan dengan pasangan layaknya tim kerja akan banyak membantu.
 
Terbuka Soal Keuangan Masing – Masing
Keterbukaan setiap pasangan harus sama-sama membuat kesepakatan mengenai siapa penafkah utama. Apakah pencari nafkah hanya salah satu ataupun keduanya secara seimbang.
 
Sisihkan Untuk Biaya Tak Terduga
Meski keuangan rumah tangga lebih dari cukup, tetap penting bagi Anda menyisihkan sebagiuan uang setiap bulan untuk biaya tidak terduga. Krisis keuangan bisa kapan saja menimpa Anda atau pasangan. 
 
Buat Anggaran Keuangan Rumah Tangga
Mencatat semua pengeluaran rumah tangga merupakan hal penting untuk mengatur anggaran di bulan berikutnya. Buatlah daftar pembelanjaan uang yang akan datang, semisal biaya sekolah anak, cicilan rumah, mobil, furnitur ruangan atau hewan peliharaan. Prioritaskan beberapa hal penting dibanding dengan pengeluaran lain. (EBI, sumber: wowheboh, foto: life.eppi.it, bisnisukm, yimg)
RELATED ARTICLES
Pets At Wedding
22 jul 2014

THE ISSUE » Binatang Peliharaan di Pernikahan Ada banyak cara untuk melibatkan hewan peliharaan tercinta dalam hari bersejarah, baik dalam peran formalnya sebagai ...

SELENGKAPNYA
Settle Down, Tone Down
22 jul 2014

THE ISSUE » Penuhilah hari bersejarah Anda dengan dominasi palet warna lembut. Pilih putih sebagai warna dasar, layaknya sebuah kanvas bagi guratan warna-warna seperti oranye muda, put...

SELENGKAPNYA
Meredakan Ketegangan Di Hari Pernikahan
22 jul 2014

THE ISSUE » Meredakan Ketegangan Di Hari Pernikahan Adalah hal yang wajar jika Anda merasa tegang di hari pernikahan Anda. Namun bukan berarti ketegangan tersebut boleh  menguasa...

SELENGKAPNYA