ARTICLE
Perbincangan Sebelum Hari H Bersama Pasangan
29 Jul 15
Karena padatnya kesibukan yang ada, kebanyakan pasangan seringkali lupa membahas hal-hal di luar serangkaian persiapan pernikahan mereka. Padahal ada satu hal utama yang perlu dibahas berdua. Adalah visi dan misi dari pernikahan itu sendiri. Ke mana mereka akan membawa bahtera pernikahan mereka. Bagaimana menjalani dinamika kehidupan bersama-sama ke depannya. Karena pada kenyataannya, pesta pernikahan bukanlah tujuan akhir dari sebuah pernikahan, melainkan baru permulaannya. Hal-hal setelah hari pernikahan itulah yang lebih penting dan tidak bisa dianggap remeh. Berikut beberapa hal yang sebaiknya Anda dan pasangan bicarakan sebelum menikah.
 
Why Do We Do This?
Pernikahan sekarang seringkali hanya sesederhana pada pernyataan-pernyataan, “gue sudah pacaran lama sama dia, trus udah gak ada lagi yang mau gue kejar, atau umur gue udah saatnya nikah.” Bukan berarti kedua contoh alasan tersebut salah, tidak salah sama sekali bahkan. Hanya saja jangan sampai kita melupakan esensi dari pernikahan itu sendiri. Lupa akan unsur cinta yang sebenarnya fondasi utama sebuah pernikahan. Karena kalau cinta tidak lagi mendasari alasan dari keputusan seseorang untuk menikah, pernikahan hanya akan menjadi sebuah tradisi tanpa makna yang mendalam.
 
Bicarakan Soal Rumah Masa Depan
Yang juga tidak boleh ketinggalan adalah pembicaraan mengenai tempat tinggal. Tetapi jika belum, tentunya akan ada beberapa penyesuaian dan pengorbanan yang harus dilakukan oleh masing-masing pasangan. Apakah ada pihak yang harus pindah ke kota lain atau harus tinggal bersama orang tua pasangannya. Pembicaraan ini harus dilakukan jauh-jauh hari, karena bukanlah hal mudah untuk bisa ikhlas dan menerima hal-hal yang terjadinya disebabkan oleh keadaan.
 
Rencanakan Anggaran Keuangan dengan Matang
Perencanaan keuangan juga menjadi salah satu topik yang tidak boleh terlewat. Di masa persiapan pernikahan atau bahkan sampai tahap awal pernikahan itu sendiri, mungkjin ha ini tidak akan menjadi faktor yang signifikan. Namun pada akhirnya akan ada anak-anak yang harus dihidupi. Maka perencanaan keuangan penting untuk dibicarakan sedari awal.  
 
Peranan Masing-Masing Porsi Pekerjaan
Harus dibicarakan juga peranan masing-masing pasangan dalam pernikahan tersebut. Di zaman yang serba modern ini, kombinasi peranan sangat dimungkinkan. Istri yang bekerja dan mengurus rumah, atau bahkan istri yang hanya fokus bekerja, sementara urusan rumah tangga diserahkan ke asisten rumah tangga. Tentu masing-masing pihak memiliki ekspektasinya masing-masing. Maka hal ini patut untuk didiskusikan sebelum kedua pasangan memasuki kehidupan rumah tangga.

(Alice Ayu & EBI, foto: relateinstitute)
RELATED ARTICLES
Groom
22 jul 2014

RELATIONSHIP » Tanggung Jawab Pengantin Pria Sekalipun mempelai wanita dan keluarganya memiliki porsi besar dalam mempersiapkan pernikahan, bukan berarti mempelai pria tidak berkontribu...

SELENGKAPNYA
Etika Mengumumkan Pertunangan
22 jul 2014

RELATIONSHIP » Etika Mengumumkan Pertunangan   Setelah sekian lama menjalin hubungan dengan pasangan, tentu Anda begitu bahagia ketika—pada akhirnya—pasangan melontarkan ...

SELENGKAPNYA
Rahasia Pernikahan Langgeng
22 jul 2014

RELATIONSHIP » Rahasia Pernikahan Langgeng Pernikahan yang bahagia sepanjang masa adalah idaman setiap pasangan. Banyak pasangan yang dapat menikmati kebersamaannya hingga usia senja, na...

SELENGKAPNYA