ARTICLE
Li Feng : Canton Culinary Expansion
19 Oct 18
Matteo Ricci, seorang Imam Jesuit dari Italia, sangat berjasa terhadap perkembangan kuliner di Canton. Diapun tercatat dalam sejarah sebagai orang asing pertama kali diizinkan masuk ke Forbiden City, serta membuat peta jalur rempah di seluruh dunia.

Sebagai penghargaan, Li Feng menampilkan karya seni berjudul A Voyage To South berupa peta kuno benua Asia yang menghubungkan jalur perdagangan antara China dan Batavia berdasarkan peta yang dibuat Matteo Ricci pada tahun 1602,menggunakan potongan kaca yang besar, diukir dan dilapisi emas karya seniman Helen Poon dari Hong Kong.

Untuk interior design restoran, LRF Design Limited dari Hong Kong terinspirasi dari sejarah panjang perdagangan rempah – rempah antara China dengan Batavia. Sedangkan bagian langit – langit, Li Feng membuat ceiling lights sculpture dengan tiga buah chandelier yang dibuat oleh pematung kristal asal Ceko, Lasvit.

Perancang Busana senior Indonesia, Poppy Dharsono mendesain Tang Suit dan Cheongsam untuk seragam staff, terinspirasi dari pakaian tradisional China dengan menggunakan kain sutera Shantung kualitas terbaik dan kain campuran wool. Seragam tersebut  menampilkan warna red crimson, yellow gold dan navy blue yang mewakili keberuntungan dan kekayaan pada masa kejayaan dinasti – dinasti  di China.
 
Appetizer

Cold Appetizers

Chilled Ro Macai Roll with Szechuan Style Peanut Style
Menu ini disajikan dalam keadaan dingin, dengan cara penyajian menyerupai sushi dan mempunyai tiga lapisan. Lapisan pertama yaitu paprika yang berwarna oranye atau kuning dan radish pickle (cai bao), lapisan kedua yang berwarna hijau yaitu campuran dari slice cucumber dan romaine lettuce, sedangkan lapisan ketiga yang berwarna cokelat berasal dari homemade lombak pickle.
Penggunaan pickes atau acar, pada menu appetizer selain sebagai camilan berguna juga untuk menyegarkan tubuh.
 
Hot Appetizers

Crispy Fish Skin with Salted Egg Yolk
Menu ini merupakan hot appetizer favorit. Dengan bahan dasar kulit ikan salmon yang dilaburi dengan telur asin, kemudian digoreng sampai crispy menggunakan panas api yang bertekanan tinggi. Menu dengan menggunakan telur asin sendiri beberapa tahun terakhir sangat populer di Asia Tenggara, khusunya Indonesia.
 
Main Course

Cantonese BBQ Platter
Terminologi dari platter adalah campuran dari bermacam-macam daging yang disajikan pada satu piring besar. Cantonese BBQ Platter terdiri dari Crispy Roasted Chicken, Cantonese Style Hanging Roasted Duck, Pork Char Siew, dan Crispy Pork Belly.
Disajikan Bersama dua macam sauce yaitu
Ginger Onion Sauce : campuran dari ginger, spring onion, flavor oil, dan bermacam – macam bumbu lainnya.
Hoisin Sauce : campuran dari ground bean sauce, hoisin sauce, sesame paste, peanut butter, sugar, dan oyster sauce.
 
Wok-Fried Angus Beef with Bell Pepper and Special Sauce
Metode memasak menggunakan wok atau wajan, merupakan salah satu yang paling umum dilakukan di China bagian selatan atau Canton yang telah tersebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Dengan menggunakan daging Angus yang dipotong seukuran ibu jari, dimasak bersamaan dengan paprika merah, kuning, hijau dan bawang Bombay menggunakan special sauce yang terdiri dari black pepper, chili oil, seasoning, chilli oil, Szechuan pepper, dan potato starch.
 
Sweet and Sour Chicken with Pineapple and  Bell Pepper
Perpaduan rasa asam dan manis merupakan salah satu menu tertua di China yang menurut legenda, perpaduan rasa ini sudah ada sejak jaman Dinasti Qin sekitar tahun 221 SM dengan menu awalnnya adalah babi rasa manis dan asam. DI Li Feng, babi asam manis ini dimodifikasi dengan menggunakan daging ayam dari bagian dada, yang lebih empuk, dan dipotong sebesar ibu jari, kemudian dimasak bersama dengan tomato ketchup, sugar, dan rice vinegar, pineapple, serta paprika sehingga dapat memunculkan rasa asam dan manis.
 
Tofu

Braised Tofu with Morchella Mushroom and Abalone Sauce
Tahu yang ditemukan sekitar 2000 tahun di zaman dinasti Han, saat ini sudah mendunia dan dikenal rendah kalori serta tinggi protein. Menggunakan jenis tahu dari Soya Bean, tahu yang sudah direbus sebelumnya dimasak dengan menggunakan Abalone sauce, Oyster sauce dan bermacam – macam bumbu  lainnya. Oyster Sauce sendiri berasal dari Canton semenjak abad ke 19, dan menjadi salah satu sauce yang umum digunakan baik untuk Cantonese culinary maupun menu lainnya.
 
Rice

Black Sesame Fried Rice with Crab Meat
Banyak orang Asia dan khususnya wilayah Indonesia bagian barat,makan tidak lengkap jika tidak ada menu nasi. Pada menu ini, nasi dimasak bersama sayuran dan daging kepiting serta wijen berwarna hitam, untuk memberikan warna hitam kepada nasi. Bagi penggemar nasi goreng, menu ini patut dicoba sebagai variasi makanan atau sebagai menu yang menemani anda dalam menyantap menu lainnya.
 
Dimsum

Deep-Fried Swan Dumpling with Black Pepper Duck Meat
Dumpling atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Pangsit, merupakan makanan yang populer di seluruh dunia. Sesaat sebelum makanan disajikan, atraksi dimulai menggunakan dry ice yang disiram dengan air sehingga menghasilkan efek asap yang mengelilingi makanan.
Sebelum dimasak, dumpling skin dicampur dengan squid ink untuk membuat warnanya menjadi hitam, kemudian diisi dengan campuran black pepper dan duck meat dan terakhir dibentuk menyerupai angsa. Karena penyajian dan bentuknya yang menarik, menu ini menjadi menu favorit dan instagramable.
 
Steamed Mushroom Bun with Foei Gras Filling
Di Indonesia, menu ini lebih terkenal dengan sebutan bakpao. Sebelum dikukus, Steamed Mushroom Bun diisi dengan foei gras, sedangkan warna cokelat yang timbul diatas Bun berasal dari chocolate powder. Setelah bun selesai dibuat, kembali diolesi dengan chocolate powder yang sudah dicampur dengan air sehingga warnanya menjadi agak kecokelatan.
 
Crispy Bean Curd Skin Roll Filled with Shrimps and Preserved Vegetables
Campuran udang yang sudah digiling bersama tepung, dilapisi Tofu skin, kemudian digoreng dan diatasnya diberi green onion untuk mempercantik penyajian. Sedangkan untuk sauce menggunakan Braised Oyster Sauce. Menu ini kemiripan dengan otak – otak Ikan Tenggiri yang terkenal di Semenanjung Malaya dan Sumatera, yang dibawa oleh para perantau dari China.  
 
Desserts

Cold Desserts

Chilled Mango Pudding with Vanilla Sauce and Caramelized Banana
Meskipun pudding berasal dari Perancis dan bukan berasal dari China, Mango Pudding sangat populer di Hong Kong. Cara penyajiannya puding mangga dalam keadaan dingin, disiram dengan vanilla sauce. Untuk side dish disajikan bersama dengan pisang goreng yang dilapisi caramel.
 
Almond and Black Sesame Dumpling with Peanuts
Bentuk desserts ini sangat mirip dengan makanan khas Indonesia yaitu onde-onde. Pembuatannya peanuts dan black sesame yang sudah dicampur dibungkus dengan dumpling skin, kemudian dimasak dan ditaburi almond sebelum disajikan.
 
Hot Desserts

Tian Shan Lotus Seeds with Malva Nut
Diambil dari pegunungan Tian Shan di Asia Tengah, yang membentang mulai dari China, Kazakhstan hingga Kyrgistan. Lotus Seeds dimasak hingga kenyalnya menyerupai gel, kemudian diatasnya diberi Malva Nut. Menu ini telah dipercaya selama ribuan tahun sangat baik untuk kesehatan, salah satunya untuk menormalkan tekanan darah.
 
Maan Maan Sik
 
Jam Buka
Monday - Friday
Lunch    : 11:30 – 15 :00
Dinner   : 18:00 – 22:30
 
Saturday – Sunday
Lunch    : 11:00 – 15:00
Dinner   : 18 :00 – 22:30
 
Li Feng
Hotel Mandarin Oriental, Jakarta
Jalan M.H. Thamrin, PO BOX 3392, Jakarta 10310, Indonesia
+62 (21) 2993 8825
Email : mojkt-lifeng@mohg.com
Instagram : @lifengjakarta
 

RELATED ARTICLES
Awfully Chocolate: Original Sin From Original Chocolate
22 jul 2014

DRINK & DINE » Sejak awal penemuannya, coklat pernah menduduki kedudukan paling tinggi sebagai makanan para dewa pada kebudayaan suku Maya Aztec di Meksiko. Kini, meskipun sudah bisa dini...

SELENGKAPNYA
Grand Buffet The Grand Cafe
22 jul 2014

DRINK & DINE » Suasana Mediteranian menyapa siapa saja yang menapaki Grand Café, di Lobby level Grand Hyatt Jakarta. Warna-warni disana-sini menyambut hangat. Wangi aneka makanan m...

SELENGKAPNYA
Cething
22 jul 2014

DRINK & DINE » Dalam bahasa Jawa, Cething artinya tempat nasi. Tentu saja restoran ini mengetengahkan tema Jawa dalam fitur masakannya meski tidak sedikitpun tampak dari interior dan orna...

SELENGKAPNYA