ARTICLE
Double Ikat : Upgrading Indonesian Cuisine to Highest Level
08 Mar 19
Dengan corak yang beraneka ragam mulai dari Aceh hingga Nusa Tenggara, tenun ikat Indonesia merupakan aset budaya yang mempunyai potensi menyamai kepopuleran England Wool,Indian Sharee, ataupun Cashmere Wool.

Salah satu momen yang menaikkan popularitas tenun ikat nusantara adalah kolaborasi brand tas ternama TUMI dengan designer tenun ikat Indonesia Didiet Maulana untuk membuat totebag dengan bahan tenun ikat Indonesia yang dibagikan sebagai goodie bag pada acara Grammy Awards 2016 lalu.

Seperti pembuatan tenun ikat, yang melambangkan keragaman Indonesia, begitu pula Executive Chef Christopher Smith bersama Executive Sous Chef Donald Hutauruk untuk menyajikan masakan Indonesia yang beragam dan populer di Indonesia yang disajikan dengan konsep fine dining tanpa mengurangi rasa otentik dari masakan Indonesia tersebut.
 
Amuse-Bouche
Pada menu European Cuisine, menu Amuse-Bouche merupakan chef selection. Di Double ikat chef selection menyajikan kerupuk beras dan rempeyek sebagai Amuse-Bouche khas Indonesia. Kerupuk beras dan rempeyek disajikan bersamaan dalam satu mangkuk, ditemani dengan sambal matah dan sambal terasi. Khusus untuk penyajian sambal terasi, pelayan langsung membuatnya di meja Anda menggunakan ulekan dan cobek.
 
Appetizer

Lamb Martabak
Dengan menggunakan kulit lumpia sebagai kulit martabak, lamb leg yang sudah dicincang dicampur dengan bawang putih, bawang Bombay, daun bawang, dan tepung kari untuk kemudian digoreng.
Sedangkan untuk saus menggunakan Tamarind dressing yang merupakan campuran dari gula merah, cuka, dan asam jawa sehingga mengeluarkan rasa asam yang berguna untuk membuka pori – pori lidah sebelum kita masuk ke main course
 
Tahu Isi
Tahu menjadi salah satu makanan yang telah ada lebih dari 2 millenium. Menu Tahu Isi di Double Ikat menggunakan bahan Tahu Putih, yang memiliki tekstur yang padat dan memiliki pori – pori yang besar, namun Tahu Putih mudah hancur. Agar Tahu Putih tidak hancur saat dicampur dengan bahan – bahan lainnya, tahu putih digoreng terlebih dahulu agar lebih padat, kemudian baru diisi dengan bihun putih, wortel, bawang, dan taoge.
Untuk sambal, menu Tahu Isi menggunakan campuran dari kacang tanah, kacang mede, gula merah, sedikit cabai dan kecap manis.
 
Kepiting Goreng
Daging Kepiting Soka jantan dipilih sebagai seafood appetizer karena memiliki kadar lemak jenuh yang rendah, tinggi protein, serta sumber mineral dan vitamin.

Kepiting Soka jantan yang hidup di air payau, menjadi salah satu menu seafood paling favorit di banyak restoran bintang lima. Dengan ukuran kira – kira satu genggam tangan orang dewasa, Kepiting Soka mempunyai kelebihan dibandingkan kepiting yang hidup di air asin, karena cangkangnya yang lembut sehingga tidak menyulitkan untuk memakannya.

Menu kepiting goreng, dimasak menggunakan menggunakan bumbu campuran tepung terigu dan tepung beras. Sedangkan untuk saus, menggunakan ginger chili sauce.
 
Main course

Babi Guling

Awalnya Babi guling dimasak untuk menjadi ‘syarat’ dalam upacara keagamaan Hindu di Bali, namun berkembang menjadi salah satu Bali authentique culinary dan dipuji mendiang Anthony Bourdain sebagai salah satu makanan terbaik yang pernah dia cicip.

Di Double Ikat, Babi Guling dimasak dengan metode slow cooking selama 3 jam menggunakan peralatan yang modern dengan gaya panggang rotisserie secara horizontal, namun tetap menggunakan bumbu genep Bali yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kencur, jahe, lengkuas, kunyit, terasi, cabe rawit, dan lada hitam.

Selain daging Babi guling, disajikan juga kulit daging babi yang dioleskan air kelapa sebelum dimasak agar kulitnya terasa renyah atau crispy.
 
Udang Bakar Uluwatu
Selanjutnya menu seafood untuk main course adalah Udang Bakar Uluwatu. Dengan menggunakan jenis Tiger Prawn (di Indonesia lebih dikenal sebagai Udang Windu) . Sebelum udang dibakar, diolesi mentega, sambal kecap, sambal bajak, dan jeruk limau.

Selama proses memasaknya yang dengan cara dibakar, Tiger Prawn disiram menggunakan minyak kelapa agar timbul aroma kelapa saat disajikan. Setelah selesai dibakar, udang diberi sambal matah diatasnya.

Sesaat setelah disajikan di meja tamu, Udang Bakar Uluwatu kembali disiram minyak kelapa untuk memunculkan asap sebagai sensasi dalam penyajian.

Sebagai sidedish disajikan bersam 3 pilihan sambal yaitu sambal kecap, sambal matah, dan sambal bajak.

Desserts

Es Teler
Es Teler yang populer semenjak tahun 1980-an, merupakan salah satu dessert asli Indonesia yang mendunia. Double Ikat kembali membuat gebrakan dengan membuat Es Teler dengan versi reconstructive.

Semua bahan – bahan yang disajikan dalam es teler tetap digunakan, hanya es serut saja yang tidak digunakan. Es Teler versi reconstructive terdiri tepung terigu yang dimasak dengan cara panfried dan kemudian dibentuk menyerupai jaring, keripik nangka, avocado mousse, lychee, jelly, dan coconut gelato.
 
Valrhona La Cuvée Sakanti Bali
Indonesia boleh berbangga, karena brand gastronomic chocolate Valrhona menggunakan cokelat Bali sebagai salah satu jenis produknya dengan nama Valrhona La Cuvée Sakanti Bali 68%. Kini cokelat Bali ini sejajar dengan produk Valrhona lainnya seperti Valrhona Guanaja 70 % dan Valrhona Manjari 64 %.

Valrhona La Cuvée Sakanti Bali 68% mempunyai rasa sedikit asam, dengan fruits flavours, dengan rasa cokelat yang intense, serta rasa pahit yang smooth.

Pada penyajiannya Valrhona La Cuvée Sakanti Bali disajikan bersama dengan tamarind sorbet, palm sugar meringue, nasturtium leaves, bonbon ganache yang dilapisi cashew nut, dan pisang mas yang dilapisi caramel.
 
Ketut’s Lemonade
Nama cocktail Ketut’s Lemonade terinpirasi dari banyaknya turis Australia yang sedang liburan di Bali senang mendengar pengucapan nama Ketut yang terdengar sangat unik bagi mereka.

Ketut’s Lemonade merupakan campuran dari Vodka, sweet sour lime juice, sugar syrup,fresh kemangi, lime slice, homemade blueberry jam, dan soda water. Penyajiannya menggunakan highball glass dan sebagai garnish diberi mint leaves dan lime slice.
 
Selamat Makan
 
Double Ikat
Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa
Jl. Pantai Balangan I no 1, Ungasan, Bali 80361 Indonesia
P : 62.361.2003 588
www.renasissancebali.com
facebook.com/renaissancebali/
twitter.com/renhotels
instagram/renhotelbali
RELATED ARTICLES
Awfully Chocolate: Original Sin From Original Chocolate
22 jul 2014

DRINK & DINE » Sejak awal penemuannya, coklat pernah menduduki kedudukan paling tinggi sebagai makanan para dewa pada kebudayaan suku Maya Aztec di Meksiko. Kini, meskipun sudah bisa dini...

SELENGKAPNYA
Grand Buffet The Grand Cafe
22 jul 2014

DRINK & DINE » Suasana Mediteranian menyapa siapa saja yang menapaki Grand Café, di Lobby level Grand Hyatt Jakarta. Warna-warni disana-sini menyambut hangat. Wangi aneka makanan m...

SELENGKAPNYA
Cething
22 jul 2014

DRINK & DINE » Dalam bahasa Jawa, Cething artinya tempat nasi. Tentu saja restoran ini mengetengahkan tema Jawa dalam fitur masakannya meski tidak sedikitpun tampak dari interior dan orna...

SELENGKAPNYA