NEWS
Plataran LHarmonie - Taman Nasional Bali Barat kembali meraih Top 100 Sustainable Destinations 2017 dari Green Destinasian dan Green Silver Award dari Indonesia Sustainable Tourism Award 2017
03 Oct 17
(JAKARTA, OKTOBER 2017)

Plataran L’Harmonie – Taman Nasional Bali Barat baru saja mendapatkan penghargaan dengan reputasi tertinggi dan terhormat di tingkat nasional dan internasional. Penghargaan tersebut sekaligus mencerminkan komitmen Plataran L’Harmonie - Taman Nasional Bali Barat dengan eksistensinya yang kuat sebagai destinasi eko wisata kelas dunia.
 
Dengan memperhatikan berbagai ragam keunikan dan kepedulian terhadap upaya pelestarian alam, budaya local,  pendidikan serta destinasi pariwisata internasional, maka Plataran L’Harmonie - Taman Nasional Bali Barat kembali berhasil meraih penghargaan sebagai Top 100 Sustainable Destinations 2017 dari Green Destinations, setelah tahun sebelumnya juga meraih perhargaan untuk kategori yang serupa, Top 100 Sustainable Destinations 2016. Sebagai satu-satunya tujuan eko-wisata kelas dunia, Plataran Indonesia dengan bangga menampilkan keindahan alam sejati Indonesia ke seluruh dunia melalui komitmen kegiatan pelestarian pariwisata yang kuat dan berkelanjutan. Penghargaan ini mempertimbangkan berbagai aspek utama keunggulan destinasi yang terkait dengan penawaran kualitas area kepada para wisatawan termasuk diantaranya, Manajemen Tujuan Eko-Wisata, Alam, Hewan & Pemandangan, Lingkungan & Iklim, Budaya & Tradisi, Kesejahteraan Sosial, Bisnis dan Keramahan. Proses seleksi dilakukan secara panel dengan melibatkan tim evaluasi dari 100 pakar internasional yang bekerja sama dengan 20 organisasi internasional lainnya untuk pariwisata berkelanjutan.
 
Di tingkat nasional, meskipun baru tiga tahun beroperasi, Plataran L'Harmonie - Taman Nasional Bali Barat juga meraih penghargaan Green Silver dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk kategori Tata Kelola yang baik di ajang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017. Penghargaan bergengsi ini diberikan kepada berbagai destinasi wisata di Indonesia dengan menerapkan prinsip-prinsip upaya pariwisata berkelanjutan yang sesuai dengan arah pengembangan pariwisata nasional dan internasional. Ini kemudian menjadi persyaratan bagi semua nominasi demi memenuhi standar internasional yang diakui oleh World Tourism Organization (UNWTO) dan GTSC. Ajang ISTA 2017 merupakan pemberian penghargaan yang baru pertama kali digelar oleh Kementerian Pariwisata dan diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta, akhir September silam.
 
Pada tahun 2017, Plataran L'Harmonie – Taman Nasional Bali Barat telah melakukan langkah dalam mempromosikan tujuan pariwisata berkelanjutan dengan menampilkan kekayaan alam, budaya dan tradisi lokal, serta menjadi yang terdepan dalam destinasi pariwisata berkelanjutan di Bali. Salah satu langkah nyata itu adalah menggelar Plataran X Trail pertama yaitu BNI Plataran X Trail 2017 yang melibatkan 504 pelari dari 18 negara. Melalui event ini para peserta dapat melihat  enam Jalak Bali diadopsi dari Pusat Nasional Konservasi Jalak Bali yang dilepas ke alam bebas Plataran L'Harmonie, dan juga penanaman 1.100 pohon bakau di Taman Nasional Bali Barat. Selain itu Plataran L'Harmonie - Taman Nasional Bali Barat juga akan menjadi tuan rumah bagi Menjangan Fisherman Boat Carnival 2017. Acara yang pertama kali diadakan di Bali Barat ini menampilkan filosofi tradisional "Tri Hita Karana” berarti “Tiga penyebab terciptanya kebahagiaan”, yang meliputi  hubungan dengan sesama manusia, hubungan dengan alam sekitar, dan hubungan dengan Tuhan yang saling terkait satu sama lain. Selanjutnya, Plataran Menjangan Resort & Spa membuka delapan tambahan Forest Villas dan empat Ocean Mangrove Villas untuk mengakomodasi pengunjung yang ingin lebih dekat dengan alam Taman Nasional Bali Barat yang indah dan belum terjamah.
 
Ekosistem alam yang terpadu dengan budaya lokal yang unik, dan fasilitas ekowisata yang lengkap membuat Plataran L'Harmonie - Taman Nasional Bali Barat menjadi proyek percontohan destinasi eko wisata nasional oleh Kementerian Pariwisata RI. Selain itu, selama beberapa tahun terakhir Plataran L'Harmonie - Taman Nasional Bali Barat juga mendapat berbagai penghargaan bergengsi dari organisasi internasional dan nasional seperti Praktik Terbaik untuk Pembangunan Berkelanjutan dari Organisasi Pariwisata Dunia tahun 2003, Penyelenggara Taman Nasional Terbaik dari Kementerian Kehutanan tahun 2011, Penyelenggara Taman Nasional Terbaik dari Kementerian Kehutanan tahun 2015, dan Top 100 Sustainable Destinations in the World Tahun 2016.
 
Tentang Plataran L’Harmonie – Taman Nasional Bali Barat Plataran L'Harmonie - Taman Nasional Bali Barat mencakup kawasan hutan ekowisata di Taman Nasional Bali Barat, seluas 382 hektar dengan garis pantai yang berjarak lebih dari 7 km yang menghadap Pulau Menjangan, sebuah pulau yang terkenal sebagai surga bagi para penyelam. Keindahan eksotis dunia bawah laut. Keanekaragaman hayatinya yang padat mencakup berbagai ekosistem dan rumah bagi berbagai spesies flora dan fauna. Kawasan Plataran L'Harmonie - Taman Nasional Bali Barat juga merupakan habitat utama Jalak Bali atau Bali Starling (Leucopsar rothschildi), burung eksotik langka yang hampir punah dan dilindungi di dunia dimana populasinya diperkirakan hanya tinggal sedikit di dunia dan karenanya dianggap sebagai Warisan Dunia. Master planner yang ditunjuk oleh Plataran untuk membuat master plan kawasan Plataran L'Harmonie – Taman Nasional Bali Barat adalah Histesh Mehta -seorang master planner Amerika kelas dunia yang telah diakui reputasinya oleh berbagai institusi seperti National Geographic-, mencakup berbagai akomodasi; fasilitas makan, kesehatan dan rekreasi; dan program yang didedikasikan untuk konservasi taman ekosistem alami dan spesies satwa liar asli.
 
Pengunjung juga dipersilakan untuk belajar dan berpartisipasi dalam upaya peningkatan kepariwisataan yang berkelanjutan di Plataran L'Harmonie - Taman Nasional Bali Barat, seperti Scientific Education and Research Center (SERC), fasilitas belajar yang unik untuk pengenalan lingkungan hidup dengan akses ke habitat alam yang menakjubkan; Pelestarian Jalak Bali; dan juga fasilitas pembenihan (nursery) serta pengembangan tanaman hutan.
 
Tentang Plataran Indonesia Didirikan pada tahun 2009, Plataran adalah sebuah grup yang menaungi berbagai hotel, resor, kapal pesiar, spa, restoran, venue serta berbagai kegiatan penunjang pariwisata dengan lokasi di berbagai tempat eksotis di Indonesia. "Plataran" sendiri berarti "Tempat yang paling disukai Tuhan". Plataran memiliki konsep yang unik dan berbeda dibandingkan hotel & resor domestik maupun internasional lainnya, karena Plataran menekankan pada konsep “True Indonesian Icon”.
 
Plataran mewujudkan sebuah filosofi tiga X yaitu: eXoticism, eXperience dan eXcellence. Menjadi sebuah grup pariwisata berbasis di Indonesia, Plataran memberikan penghormatan kepada budaya Indonesia melalui pilihan arsitektur, interior dan landscape. Penekanan pada kekayaan budaya Indonesia tercermin dalam setiap produk dan layanan Plataran. Dengan sentuhan eksotisnya, Plataran berusaha untuk unggul dalam semua aspek bisnis operasionalnya dengan mengimplementasi standar internasional pada operasional, keamanan, dan kepuasan pelanggan dalam berbagai layanannya.
RECENT ARTICLES
Momen Canggung Yang Dialami Pengantin Baru
25 Apr 17

BEAUTY Tahun pertama pernikahan, pasti ada momen-momen yang terasa canggung. Jika dulunya melakukan segala sesuatunya sendiri, kini dilakukan bersama pasangan. Kalau dulu tidur di...

SELENGKAPNYA
5 Tanda Anda Menemukan Kekasih Sejati
24 Jan 17

RELATIONSHIP Pasti Anda pernah bertanya pada diri sendiri apakah ia mencintai Anda ataukah hanya sekedar baik terhadap Anda? Mungkin selama ini pertanyaan tersebut selalu terngiang-ngia...

SELENGKAPNYA
Manfaat Mengikuti Konseling Pernikahan
13 Dec 16

RELATIONSHIP Menikah merupakan sebuah itikad yang mulia namun tidak mudah juga untuk dijalani. Banyak hal yang akan terjadi baik suka maupun duka. Ada yang bisa diatasi dengan kerjasama...

SELENGKAPNYA
ADVERTISEMENT
  • A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: data_banner_ads

    Filename: views/v_sidebar.php

    Line Number: 101

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: views/v_sidebar.php

    Line Number: 101

RECENT NEWS
UPCOMING EVENT