POST TITLE
post subtitle
Back to Lemariage
  • Logo Lemariage
  • Logo Lemariage
Aneka Scrub Alami | Le Mariage Indonesia

Aneka Scrub Alami | Le Mariage Indonesia

Beauty & Spa

Aneka Scrub Alami

by EBI 03 Feb 2022


Untuk menjadikan wajah lebih cerah, selain melakukan perawatan wajah yang tepat Anda juga perlu gunakan scrub alami untuk mencerahkan wajah. Scrub alami untuk mencerahkan wajah ini tentunya dapat Anda buat sendiri dirumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada. Berikut beberapa pilihan scrub alami yang bisa Anda buat sendiri.

 

Gula dan minyak zaitun

Minyak zaitun bisa dijadikan sebagai bahan dasar untuk digunakan menjadi sebuah scrub alami untuk mencerahkan wajah Anda. Sedangkan butiran gula pasir tentunya menjadi butiran scrub yang dapat mempermudah pengangkatan sel kulit mati dan juga kotoran yang melekat diwajah Anda. Caranya campurkan minyak zaitun atau bisa juga menggunakan minyak kelapa murni dengan menambahkan gula pasir secukupnya. Oleskan secara perlahan pada wajah hingga butiran halus gula pasir tersebut tergesek pada kulit wajah. Hindari menggosokannya secara kasar karena bisa mengakibatkan terjadinya iritasi terhadap kulit wajah. Diamkan sebentar lalu bilas wajah dengan menggunakan air bersih.

 

Madu

Bahan alami seperti madu juga bisa dijadikan sebagai scrub alami untuk mencerahkan wajah, selain mampu mengangkat kotoran dan sel kulit mati, madu dapat pula menjadikan kulit wajah lebih lembut dan terasa lebih kencang secara alami.

 

Garam

Bahan alami ini tentunya dengan mudah ditemukan di sekitar Anda. Campurkan garam halus dengan parutan nanas serta tambahkan minyak zaitun lalu kenakan sebagai scrub alami untuk mencerahkan wajah. Pijat secara perlahan dengan gerakan memutar keatas. Nanas itu sendiri dapat berfungsi untuk mencerahkan wajah dan dapat pula mengangkat kotoran yang sudah terlanjur melekat diwajah. Menggunakan scrub alami untuk mencerahkan wajah dengan menggunakan nanas ini akan menunjukan hasil yang lebih cepat.

 

Baking soda

Bahan alami lainnya yang bisa juga Anda manfaatkan adalah baking soda. Tambahkan baking soda secukupnya pada minyak zaitun. Aduk hingga merata lalu gosokan secara perlahan di wajah, diamkan hingga beberapa saat lalu bilas wajah Anda. Butiran baking soda tersebut dapat bekerja mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori wajah anda secara maksimal.

 

Kulit buah naga

Kulit buah naga yang mengandung vitamin C dapat bermanfaat untuk menghaluskan kulit, tentu Anda dapat membuat sendiri scrub dari bahan kulit naga ini dengan cara menghaluskannya dengan blender lalu ketika sudah halus Anda hanya perlu menambahkan gula dan mencampurnya setelah itu gunakan scrub ini pada wajah Anda secara merata seperti cara penggunaan dengan putih telur, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

 

Mentimun dan daun mint

Mentimun mempunya kandungan yang berperan dalam pembentukan kolagen serta mampu menjaga kekencangan kulit. Daun mint yang mampu menyegarkan kulit wajah merupakan bahan alami yang memiliki dampak bagus jika dapat disinergikan. Maka, langkah selanjutnya Anda hanya perlu menghaluskan mentimun dan daun mint ini sehingga menjadi adonan scrub lalu ratakan pada kulit wajah Anda.

 

Sereal gandum

Campur satu gelas sereal gandum (oatmeal) dengan satu gelas yoghurt. Aduk hingga rata lalu oleskan pada tubuh dan diamkan selama lima menit. Gosok perlahan hingga scrub bersih dari tubuh lalu bilas. Untuk penggunaan di wajah, tambahkan perasan timun atau tomat yang bisa membantu membuat kulit cerah dan menyerap minyak berlebih. Scrub ini cocok untuk Anda yang mempunyai kulit berminyak.

 

Kopi

Campur setengah gelas kopi ditambah setengah gelas gula dengan minyak zaitun secukupnya hingga membentuk butiran scrub yang kental. Oleskan pada seluruh tubuh diamkan selama lima menit, lalu gosokkan perlahan sampai butiran scrub lepas dari kulit tubuh Anda. Setelah itu basuh dengan air bersih dan sabun yang mengandung pelembab.

 

Gula merah

Giling tiga sendok makan gula merah sampai halus. Tambahkan tiga sendok makan minyak kelapa. Aduk hingga membentuk kekentalan yang diinginkan. Minyak kelapa tak hanya memiliki efek melembapkan tapi juga bisa mencegah penuaan dini karena kaya akan kandungan vitamin K, E, dan mineral. Scrub ini disarankan bagi Anda yang mempunyai jenis kulit yang kering.

 

Tips dalam pemakaian scrub alami:

1. Lakukan gerakan tangan yang memutar saat menggosok scrub dari tubuh. Gerakan ini selain efektif mengangkat sel kulit mati juga bisa membantu memperlancar peredaran darah.

2. Butiran scrub sudah berperan sebagai pengelupas sel kulit mati. Karena itu, tak perlu menggosok dengan keras kulit Anda. Gosokan yang terlalu keras malah berisiko menimbulkan luka atau iritasi.

3. Jika masih ada sisa, simpan scrub dalam tempat tertutup rapat di lemari es. Gunakan paling lambat dua minggu setelah waktu pembuatan.

4. Gunakan scrub satu minggu sekali saja. Tak perlu menggunakan scrub tiap hari karena malah akan membuat kulit kering serta iritasi dan menghilangkan minyak alami yang baik untuk kulit.

5. Usai mandi menggunakan scrub, oleskan pelembab tubuh untuk menghindari kulit kering.  

6. Jika akan menggunakan scrub garam, pastikan tak ada luka di area tubuh.

RELATED ARTICLES