POST TITLE
post subtitle
Back to Lemariage
  • Logo Lemariage
  • Logo Lemariage
How To Cure Cracked Heels | Le Mariage Indonesia

How To Cure Cracked Heels | Le Mariage Indonesia

Beauty & Spa

How To Cure Cracked Heels

by EBI 11 Mar 2019


Cracked heels mungkin terdengar bukan masalah penting bagi Anda, namun saat hari pernikahan datang hal tersebut akan mengganggu kenyamanan kaki Anda saat memakai sepatu.  Jika tidak Anda tidak merawat tumit dengan baik maka dapat semakin parah hingga menimbulkan luka atau berdarah. 

Cracked heels dalam dunia medis dikenal sebagai celah tumit. Hal tersebut timbul jika kulit menjadi kering dan tidak kenyal, dapat juga disebabkan oleh diet yang tidak sehat, pilihan sepatu yang salah, kurangnya perawatan pada kulit kaki atau kombinasi dari semuanya. Berikut beberapa cara untuk mencegah atau menghilangkan celah tumit, sehingga kaki Anda akan tampak indah dan lebih sehat.

 

Minyak 
Beberapa jenis minyak yang dapat Anda gunakan, diantaranya coconut oilolive oil dan minyak wijen. Aplikasikan sebelum tidur, awali dengan melakukan scrubbing atau penggosokan pada tumit dengan batu apung, lalu cuci dan keringkan.

Selanjutnya, aplikasikan minyak pada tumit, lalu pakai kaos kaki selama Anda tidur. Keesokan harinya Anda akan melihat perbedaannya. Lanjutkan perawatan hingga pecah-pecah pada kulit tumit Anda hilang.

 

Scrub
Pengelupasan adalah cara untuk menyingkirkan jaringan kulit mati dan pecah-pecah. Anda dapat membuat bahan scrub dengan mencampurkan tepung beras dengan beberapa sendok madu dan beberapa tetes cuka apel. Aduk menjadi satu hingga membentuk pasta. Jika pecah-pecah pada kulit Anda cukup parah, tambahkan olive oil lalu aduk menjadi satu.

Sebelum Anda mengaplikasikannya, rendam kaki dengan air hangat selama sepuluh menit, lalu dengan perlahan scrub bahan tadi ke tumit kaki. Bersihkan dengan air hangat lalu keringkan. Anda juga bisa menggabungkan dengan poin pertama yaitu diolesi dengan minyak, untuk memaksimalkan hasilnya.


Jus Lemon

Asam yang terkandung dalam jus lemon dapat secara efektif mengurangi kulit yang mengeras pada tumit. Kulit yang mengeras nantinya akan menjadi pecah-pecah jika tidak dirawat secepatnya. Ini adalah perawatan untuk pencegahan, karena jika jus lemon diaplikasikan pada kulit yang sudah terlanjur pecah, maka akan menjadi sangat perih.

Untuk pencegahan, peras lemon lalu campurkan pada semangkuk air hangat dan rendam kaki Anda selama sepuluh sampai lima belas menit. Tidak disarankan menggunakan air panas, karena akan membuat kaki Anda bertambah kering.

Atau Anda dapat juga langsung mengaplikasikan perasan lemon pada kulit yang mengeras. Setelah itu, anda dapat menggosokan dengan batu apung, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan.


Masker Pepaya

Hancurkan buah pepaya dan campurkan dengan jus lemon untuk membuat masker, lalu aplikasikan pada kulit yang pecah-pecah, biarkan selama lima belas  hingga dua puluh menit, lalu bilas dengan air hangat. Semoga beberapa solusi di atas dapat membuat kulit tumit Anda menjadi lebih halus dan kembali sehat dan tampak cantik di hari pernikahan Anda.

(EBI, sumber: urbanoustics, foto: healthyfoodhouse) 

RELATED ARTICLES