POST TITLE
post subtitle
Back to Lemariage
  • Logo Lemariage
  • Logo Lemariage
Mengatur Keuangan Pasca Pernikahan | Le Mariage Indonesia

Mengatur Keuangan Pasca Pernikahan | Le Mariage Indonesia

The Issue

Mengatur Keuangan Pasca Pernikahan

by EBI 02 Nov 2019


Masalah keuangan biasanya menjadi prioritas utama untuk dibahas pasca menikah. Bahkan tak sedikit pasangan yang akhirnya berpisah karena tersandung masalah keuangan. Tak masalah betapa buruknya pendapatan masing-masing, pengelolaan yang baik bisa mengatasi berbagai masalah keuangan. Berikut beberapa tips mengatur keuangan pasca pernikahan:

Bertindaklah Sebagai Sebuah Tim

Dilansir dari wowheboh.com, menurut Erin Burt, editor kontributor Kiplinger.com, sebaiknya pasangan berbagi tanggung jawab keuangan bersama. Upayakan setiap bulan membicarakan urusan keuangan bersama pasangan. Rencana keuangan akan berhasil dilakukan jika keduanya mau menjalaninya dengan baik. Berbagi tugas keuangan dengan pasangan layaknya tim kerja akan banyak membantu.

Terbuka Soal Keuangan Masing – Masing

Keterbukaan setiap pasangan harus sama-sama membuat kesepakatan mengenai siapa penafkah utama. Apakah pencari nafkah hanya salah satu ataupun keduanya secara seimbang.

Sisihkan Untuk Biaya Tak Terduga

Meski keuangan rumah tangga lebih dari cukup, tetap penting bagi Anda menyisihkan sebagiuan uang setiap bulan untuk biaya tidak terduga. Krisis keuangan bisa kapan saja menimpa Anda atau pasangan. 

Buat Anggaran Keuangan Rumah Tangga

Mencatat semua pengeluaran rumah tangga merupakan hal penting untuk mengatur anggaran di bulan berikutnya. Buatlah daftar pembelanjaan uang yang akan datang, semisal biaya sekolah anak, cicilan rumah, mobil, furnitur ruangan atau hewan peliharaan. Prioritaskan beberapa hal penting dibanding dengan pengeluaran lain.

(sumber: wowheboh, foto: life.eppi.it, bisnisukm, yimg)

RELATED ARTICLES