POST TITLE
post subtitle
Back to Lemariage
  • Logo Lemariage
  • Logo Lemariage
Naga Eight : Acculturation Cuisine brings Good Fortune | Le Mariage Indonesia

Naga Eight : Acculturation Cuisine brings Good Fortune | Le Mariage Indonesia

Drink & Dine

Naga Eight : Acculturation Cuisine brings Good Fortune

by GS 13 Aug 2023


Naga merupakan mahluk mitologi yang ada di hampir semua cerita rakyat yang ada di seluruh dunia. Mulai dari daratan Eropa seperti Inggris, Perancis, hingga Yunani, Afrika Utara seperti Mesir hingga Asia mulai dari Cina, hingga Indonesia. Sedangkan prasasti paling tua mengenai naga ditemukan di Mesopotamia pada 2100 SM,

Dalam Chinese mythology, Naga atau Lion digambarkan sebagai mahluk mitologi yang berbentuk ular berukuran raksasa, lengkap dengan tanduk, sungut, dan cakar serta memiliki simbol kekuatan alam, sifat baik dan selalu dihormati. Begitupula di Indonesia, Naga di Pulau Kalimantan dianggap sebagai penguasa alam bawah, sedangkan di Pulau Jawa, Naga juga lekat dengan budaya Jawa, dengan terdapatnya ukiran Naga di gamelan, pintu candi dan gapura, sebagai lambang penjaga alam bawah.

Nama Naga Eight dipilih sebagai penyatuan dua budaya, yaitu Bali dan Cina yang terinpsirasi dari kepercayaan penduduk di sekitar Sanur Bali, bahwa lokasi restoran Naga Eight dan sekitarnya telah diatur oleh mahluk mitologi Naga secara spiritual, sedangkan angka delapan telah dianggap sebagai angka keberuntungan di dalam budaya Cina.

Seperti pepatah dari Cina preserve the old, but know the new’, restoran Naga Eight tetap mempertahankan struktur asli bangunan dari Chinese restaurant Telaga Naga yang dibangun di akhir tahun 1970-an serta dioperasikan oleh Bali Hyatt, namun ditutup pada tahun 2013. Di pertengahan tahun 2021, restoran ini kembali didesain ulang serta di renovasi dan dinamakan Naga Eight oleh PT Niaga Batu Jimbar.


Berikut ini adalah menu – menu terbaik dari Naga Eight :

Appetizer

Lumpia Bebek Panggang

Lumpia atau Chinese spring roll berasal dari bahasa Hokkian yang berarti kue bulat merupakan menu appetizer yang berasal dari China yang biasa disajikan di saat atau menjelang spring festival. Di Indonesia, lumpia mulai dikenal semenjak abad ke 18 yang dibawa oleh imigran asal Cina dan berisi daging babi dengan rebung, namun akulturasi budaya dalam hal ini masakan Cina dengan Indonesia membuat lumpia yang tadinya menggunakan daging babi digantikan dengan daging ayam tetapi tetap menggunakan rebung.

Lumpia bebek panggang  yang disajikan di Naga Eight merupakan menu yang berisi bebek panggang, wortel, bihun, dan mushroom yang dilapisi oleh kulit pangsit yang berasal dari tepung terigu yang kemudian digoreng dan disajikan bersama hoisin sauce sebagai condiment. Sebelum dipanggang, bebek dibumbui terlebih dahulu selama semalaman dan kemudian dipanggang menggunakan Apollo oven agar suhu panggang lebih stabil, mendapatkan tingkat kematangan daging yang diinginkan, dan kulit bebek menjadi lebih crispy karena minyak dari kulit akan menetes ke bawah yang menjadikan kulit bebek lebih kering.

Babi Panggang ‘Charsiu’ with Roti Mantou and Acar

Babi Panggang Merah atau lebih dikenal dengan Charsiu merupakan Cantonese cuisine yang sudah ada semenjak tiga milenium yang lalu dan telah menjadi comford food bagi pork lovers di seluruh dunia. Charsiu disini menggunakan pork belly, dan menggunakan kecap, chu hou sauce, oyster sauce, gula, bawang merah sebagai bumbu utamanya.

Sedangkan Roti Mantou yang terbuat dari tepung, gandum, dan ragi merupakan makanan pendamping yang tidak memiliki rasa, namun kaya akan nutrisi. Sebelum disajikan Roti Mantou akan digoreng terlebih dahulu hingga berwarna golden brown.

Cara penyajiannya, satu ‘slice’ Charsiu dimasukkan ke dalam Roti Mantou yang telah disobek sedikit di bagian atasnya kemudian ditambahkan acar, dan parsley leaf sebagai garnish.

 

Main Course

Kombinasi Set BBQ

Food platters adalah cara terbaik bagi seorang chef untuk memamerkan ketrampilan kuliner mereka mulai dari cara memasak hingga cara penyajiannya.  Menu food platter ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencoba semua main course menu terbaik di Naga Eight dalam jumlah porsi yang kecil. Terdiri dari four best main course yang terbaik dan paling banyak dipesan yaitu Roasted duck, Char-siu, Hainanese Chicken, Crispy pork belly, dan ditambah dengan Soy eggs.

 

Rib Eye Saus Lada Hitam

Selain chaotian chili yang biasa digunakan pada menu hot pot agar menimbulkan sensasi rasa pedas, dalam Chinese cuisine, penggunaan merica atau pepper juga banyak digunakan agar menimbulkan rasa pedas yang berbeda dibandingkan dengan chaotian chili maupun mala.

Penggunaan black pepper dalam Chinese food merupakan sesuatu hal yang baru, umumnya Chinese cuisine menggunakan white pepper dalam masakan mereka.  Meskipun memiliki rasa yang tidak jauh berbeda, penggunaan black pepper pada menu Rib Eye Saus Lada Hitam lebih ditujukan dalam visual atau estetika agar warnanya lebih kontras saat disajikan bersama dengan tambahan bumbu lainnya seperti paprika, bawang Bombay, dan daun bawang.

Sedangkan Rib-eye dipilih karena dagingnya akan lebih cepat matang apabila dimasak dengan menggunakan stir frying technique dengan temperatur yang tinggi yang umum digunakan dalam Chinese cooking.

 

Vegetables

Buncis Daging Babi Cabai Kering

Buncis atau string beans dianggap sebagai simbol dari ‘good fortune’ di dalam budaya Cina. Hampir semua Chinese restaurant selalu menyediakan menu buncis sebagai side dish yang umumnya disajikan bersama dengan daging babi ataupun sapi.

Dalam menu ini, buncis dimasak bersama dengan daging babi yang telah dicincang terlebih dahulu serta dimasak dengan menggunakan bumbu seperti bawang putih, jahe, cabai, soy sauce, dan beberapa bumbu lainnya. Buncis dimasak dengan cara ditumis menggunakan stir frying technique agar sayur dan daging lebih crispy dengan cepat tanpa takut masakan menjadi overcooked.

 

Rice

Nasi Goreng Spesial Udang dan Babi Panggang

Nasi Goreng, merupakan salah satu menu favorit yang memiliki banyak variasi di seluruh dunia dan tercatat sudah ada di Cina semenjak tahun 589 SM. Terdapat tiga bahan utama yang menjadi Chinese fried rice yaitu nasi, sayur, dan daging.

Nasi Goreng Spesial Udang dan Babi Panggang merupakan campuran dari nasi, udang, babi panggang, telur, soy sauce, dan sayur. Cara memasaknya, bahan – bahan tersebut dimasak secara bersamaan menggunakan metode menggunakan stir frying technique dengan temperature yang tinggi di dalam wok. Terkadang chef de partie melakukan flambé technique, bukan untuk mendramatisir atau sekedar menghibur, tetapi untuk memberikan rasa smoky flavour pada makanan dan mengeluarkan rasa gurih atau manis dari soy sauce.

Setelah selesai dimasak, Nasi Goreng Spesial Udang dan Babi Panggang ditaburi bawang goreng dan daun bawang sebagai bumbu pelengkap dan garnish.

 

Desserts

Mango Pudding

Mango Pudding merupakan mango puree yang dijadikan jelly, yang disajikan bersama evaporated milk sebagai side dish agar mango pudding memiliki rasa yang lebih creamy. Cara memakannya, evaporated milk dituangkan ke dalam mango pudding agar rasa mango pudding bercampur dengan evaporated milk.


Guilinggao

Nama desserts ini terdengar asing, namun dipercaya sebagai ramuan herbal untuk mengobati penyakit cacar.  Awalnya Guilinggao dibuat dari cangkang penyu jenis ‘golden coin turtle’ yang direbus selama beberapa jam dengan beberapa jenis herbal lainnya hingga cairan menjadi mengental, untuk kemudian ditambahkan tepung beras dan tepung jagung untuk lebih mengentalkan Guilinggao. Saat ini proses pembuatan Guilinggao tidak lagi menggunakan penyu jenis ‘golden coin turtle’ yang dilindungi, namu menggunakan penyu lain yang lebih umum.

Guilinggao disajikan dingin serta memiliki rasa sedikit pahit. Untuk mengurangi rasa pahitnya, Guilinggao biasanya disajikan bersama dengan madu dan ice cream.

 

Signature Drink

Red Naga Sangria

Sangria mungkin menjadi cocktail yang paling populer yang berasal dari Semenanjung Iberia yang terdiri dari dua negara yaitu Portugal dan Spanyol. Kata Sangria berasal dari bahasa ‘Sangre’ yang berarti darah, dan mulai mendunia saat disajikan di New York World’s Fair tahun 1964.

Secara tradisional, Sangria terdiri dari campuran ketiga bahan yaitu red wine, chopped fruit, dan spirits. Sedangkan Red Naga Sangria terdiri dari potongan buah strawberry, lemon, red wine, Triple Sec, rosemary, cherry tomatoes, sweet and sour, Sprite, dan diatasnya diberi mint leaves sebagai garnish. Penggunaan Triple Sec dalam Sangria untuk menambahkan rasa manis dan meningkatkan persentase alkohol di dalam minuman Sangria, sedangkan soda dari Sprite digunakan untuk memberikan efek menyegarkan pada Sangria.


Margarita Passion

Margarita merupakan menjadi salah satu dari 5 cocktail paling terkenal dan paling banyak dipesan di seluruh dunia. Seperti umumnya minuman – minuman yang berasal dari daerah tropis seperti negara asalnya Meksiko, Margarita juga dibuat untuk memberikan rasa manis dan efek menyegarkan serta menambahkan buah – buahan khas tropis untuk menampilkan kesan eksotik di dalam minuman.

Margarita Passion di Naga Eight merupakan campuran dari Tequila, Triple Sec, Grenadine Syrup, Passion fruit, Lime juice, Orange juice, dan Angostora bitters. Penggunaan Angostora bitters di dalam Margarita ini cukup unik karena awalnya Angostora bitters dibuat sebagai obat masalah pencernaan, sehingga kemungkinan penggunaannya berkaitan dengan kurang higienis negara Meksiko pada waktu itu.

 

 

Naga Eight Restaurant

Jl. Danau Tamblingan No.89, Sanur, Bali 80228

Phone              : 081237888089

Email               : [email protected]

Instagram        : @nagaeight

www,nagaeight.com

RELATED ARTICLES