POST TITLE
post subtitle
Back to Lemariage
  • Logo Lemariage
  • Logo Lemariage
10 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Resmi Bertunangan | Le Mariage Indonesia

10 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Resmi Bertunangan | Le Mariage Indonesia

Relationship

10 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Resmi Bertunangan

by EBI 21 Jul 2021


Bagi Anda yang baru saja melangsungkan ikatan pertunangan sebaiknya Anda perlu bernafas sedikit lega sebelum kesibukan mendera Anda dan pasangan. Berikut beberapa hal penting yang bisa menjadi panduan untuk memulai persiapan pernikahan Anda. 

 

1.     Dapatkan Inspirasi dari majalah pernikahan / website tpernikahan  Anda akan menemukan ide-ide bagus mengenai pernik seputar pernikahan. Segala hal tentang persiapan pesta pernikahan dengan segala macam ragamnya, mulai dari warna, tema, gaun, makeup, hingga kue pengantin dapat menjadi referensi Anda. Majalah atau situs bisa menjadi panduan Anda dalam menemukan inspirasi pernikahan.

 

2.     Tetapkan Tanggal Pernikahan  Idealnya perencanaan pernikahan dilakukan selama satu tahun, walaupun ada cukup banyak pasangan yang mempersiapkan pernikahan hanya dalam jangka waktu enam bulan atau kurang. Satu hal yang perlu diperhatikan, jika Anda menginginkan konsep pernikahan outdoor, jangan adakan pesta di musim hujan. Setelah mendapatkan tanggal pernikahan yang ideal, saatnya Anda dan pasangan merencanakan perencanaan tahap berikutnya.

  

3.     Merencanakan Bujet  Selanjutnya perencanaan paling krusial adalah soal keuangan. Hal ini sangat penting bagi Anda dan tunangan untuk membicarakan ini berdua, termasuk siapapun yang akan terlibat dalam pesta pernikahan. Persiapan ini mungkin akan menjadi hal tersulit, tetapi jika bujet sudah ditentukan sebelumnya, pengeluaran pun dapat diatur sedemikian rupa.


4.     Kumpulkan Daftar Undangan  Daftar tamu undangan juga termasuk yang terpenting. Beberapa nama tamu kadang terlupakan masuk dalam daftar ini. Adanya jarak antara pertunangan dan pesta pernikahan, berarti Anda punya banyak waktu untuk membuat daftar ini lebih matang.

  

5.     Tentukan Lokasi Pesta  Memilih tempat pesta pernikahan harus dilakukan jauh-jauh hari. Tempat resepsi pernikahan merupakan hal yang paling utama, karna tak jarang pada bulan musim pernikahan justru tempat sudah penuh bahkan setahun sebelumnya. Jadi Anda dan tunangan harus cepat menentukan beberapa pilihan yang cocok. Anda akan kesulitan menemukan tempat pesta jika dilakukan kurang dari enam bulan sebelum hari pernikahan. Apalagi pemilihan lokasi ini juga terkait dengan bujet.

 

6.     Tentukan Tema dan Gaya Pesta Pernikahan  Tema dan gaya pesta pernikahan ini bisa menentukan berbagai hal. Misalnya, apakah pernikahan Anda akan digelar di tempat terbuka atau di dalam ruangan, memakai adat atau tidak, bagaimana dekorasinya, dan lain-lain. Tentunya semakin sederhana tema yang dipilih, makin kecil biaya yang akan dikeluarkan. Namun bukan berarti sederhana itu tidak baik. Anda bisa bermain dengan warna untuk membuat pesta tampak menarik.

  

7.     Pilih Gaun atau Kebaya Pengantin  Pilihlah gaun atau kebaya yang memang membuat Anda nyaman. Jika bujet Anda terbatas, saat ini ada banyak pihak yang menyewakan kebaya atau gaun pengantin. Jadi Anda tidak perlu repot-repot menunggu hasil jaitan yang berbulan-bulan.

 

8.     Dokumentasi Pernikahan  Mengabadikan momen hari bahagia Anda merupakan suatu kewajiban. Jadi fotografer serta videografer termasuk hal penting untuk dipersiapkan jauh-jauh hari. Saat ini sudah banyak vendor foto yang menyediakan paket hemat pre wedding dan wedding, dengan begitu Anda dapat menekan sedikit biaya Anda.

 

9.     Tata Rias dan Rambut  Saat Anda sudah mulai menjahit gaun atau kebaya pengantin, Anda bisa mulai memilih tata rambut dan makeup seperti apa yang akan Anda pakai saat hari pernikahan nanti. Dalam memilih tata rambut dan makeup ini Anda bisa minta bantuan hair stylist dan makeup artist pilihan Anda. Biasanya mereka juga tidak sungkan melakukan tes makeup dan rambut untuk mengetahui apakah memang sesuai untuk Anda atau tidak. Anda juga bisa memanfaatkan tes makeup dan tata rambut untuk sesi foto pre wedding Anda.

 

10.    Musik dan Hiburan  Anda juga perlu menentukan siapakah nanti yang akan menghibur tamu undangan Anda. Apakah musiknya akan datang dari pemain band, DJ, atau penyanyi tradisional? Pemilihan tersebut juga disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. So, susunlah semua dengan terencana, dan yang terpenting sesuaikanlah dengan biaya yang Anda dan pasangan miliki, karna sesuatu yang dipaksakan akan berakibat tidak baik.  

RELATED ARTICLES