POST TITLE
post subtitle
Back to Lemariage
  • Logo Lemariage
  • Logo Lemariage
Cara Membangun Hubungan Baik dengan Ipar | Le Mariage Indonesia

Cara Membangun Hubungan Baik dengan Ipar | Le Mariage Indonesia

Relationship

Cara Membangun Hubungan Baik dengan Ipar

by EBI 04 Dec 2020


Menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh anggota keluarga pasangan tentu menjadi sebuah keinginan terbesar dalam sebuah hubungan pernikahan. Terutama menjalin hubungan yang baik dengan kakak atau adik ipar.

Namun, pada kenyataannya hal tersebut sangatlah susah untuk dilakukan. Mengapa banyak orang mengalami masalah kurang harmonis dengan ipar? Berikut beberapa tips untuk membangun hubungan yang baik dengan ipar Anda:


Mengenali tipe ipar Anda

Selama Anda berpacaran dengan pasangan kurang lebih Anda sudah mengenal sedikit pribadi ipar Anda, setelah menaikah sebaiknya Anda lebih mengenal lagi sifat-sifat yang dimiliki dari ipar pasangan Anda, jika perlu tanyakan kepada pasangan Anda bagaimana sifat dari adik/kakaknya tersebut. Dengan mengenali tipe ipar Anda, maka diharapkan Anda sudah mempunyai solusi untuk menghadapinya.

Contohnya jika ipar Anda mempunyai tipe egois, yang dapat Anda lakukan adalah melawan dengan kepala dingin. Hal ini akan bertambah buruk apabila kemarahan Anda balas dengan kemarahan. Dengan berkepala dingin dan hati tenang, maka akan membuat Anda bisa menegur dengan baik-baik dan ia akan mengerti.


Kenali hobi dan hindari ketidaksukaan ipar

Dengan mengetahui hobi ipar Anda, maka hal tersebut akan menjadi jalan untuk bergaul dengan sang ipar. Apalagi jika Anda dan ipar mempunyai hobi yang sama. Dengan begitu, hubungan Anda akan lebih kompak dan terjalin. Tak hanya mengenali hobinya saja, namun tentunya akan lebih baik bila Anda menanyakan ketidaksukaan saudara ipar Anda pada pasangan Anda. Jadi, Anda akan terhindar dari sesuatu yang bisa saja ipar Anda benci.


Terlibat aktif

Terlibat aktif yang dimaksudkan ialah dengan selalu menghadiri acara ipar Anda. Seperti ipar yang mengadakan pesta ulang tahun anaknya. Tidak ada salahnya bila Anda datang untuk membantu dalam acara tersebut. Sehingga, dengan kedatangan Anda secara otomatis akan menimbulkan rasa hormat dari ipar Anda.


Tetap menjalin silaturahmi

Agar tetap harmonis dengan ipar memang dibutuhkan usaha yang ekstra. Mulai dari menghormati mereka, bertutur kata yang halus dan sopan, dan juga bersikap rendah hati. Sehingga, Anda dan ipar akan mempunyai hubungan yang baik. Yang paling penting ialah untuk tetap menjaga silaturahmi diantara Anda dan Ipar. Di sisi lain, hal yang sebaiknya Anda hindari adalah dengan tidak menyindir atau menghakimi sang ipar.


Fokus terhadap rumah tangga masing-masing

Seperti yang dikatakan kebanyakan orang bahwa konflik yang muncul karena adanya pihak ketiga. Tak terkecuali pada rumah tangga. Sebaiknya Anda berhenti untuk mencampuri urusan rumah tangga sang ipar. Anda dan ipar bisa fokus untuk mengurus rumah tangga masing-masing. Dengan begitu, konflik yang akan terjadi pun dapat diminimalisir. 

RELATED ARTICLES