POST TITLE
post subtitle
Back to Lemariage
  • Logo Lemariage
  • Logo Lemariage
Manfaat Mengikuti Konseling Pernikahan | Le Mariage Indonesia

Manfaat Mengikuti Konseling Pernikahan | Le Mariage Indonesia

Relationship

Manfaat Mengikuti Konseling Pernikahan

by EBI 21 Aug 2021


Menikah merupakan sebuah itikad yang mulia namun tidak mudah juga untuk dijalani. Banyak hal yang akan terjadi baik suka maupun duka. Ada yang bisa diatasi dengan kerjasama serta pengertian yang baik antara suami dan istri. Tapi ada juga yang tidak bisa diselesaikan, dibiarkan berlarut-larut tanpa ada kejelasan solusinya. 

Untuk itu untuk membantu memecahkan masalah Anda dan pasangan, dibutuhkan pihak ketiga yaitu konselor khusus dalam bidang pernikahan. Berikut beberapa manfaat dari konseling pernikahan.

 

Menemukan Akar Permasalahan Sesungguhnya

Terkadang Anda dan pasangan terlibat dengan berbagai masalah. Bukan hanya masalah antar pasangan tapi juga melibatkan pihak ketiga, baik itu pria idaman lain (pil), wanita idaman lain (wil) ataupun keluarga besar. Belum lagi persoalan anak, keuangan, pekerjaan dan lain sebagainya. Dalam hal ini Anda dan pasangan sering kali mempertahankan ego masing-masing sehingga masalah yang diributkan hanyalah fenomena dan bukan akar persoalan sesungguhnya. Dalam hal inilah, konselor berperan untuk menggali dan menemukan akar permasalahan yang sesungguhnya.

 

Masalah Menjadi Lebih Jelas

Konselor pernikahan membantu memetakan dan meletakkan masalah yang ada pada proporsi yang tepat. Dengan tidak “berat sebelah”. Konselor dengan pengalaman serta jam terbang yang memadai juga mampu membantu “memilah” masalah yang ada, serta menggali jika ternyata yang selama ini diributkan bukan “inti” masalah sebenarnya.

 

Proses Transparansi dan Perubahan Perspektif

Dengan menemukan akar permasalahan serta peletakan masalah pada proporsi yang tepat, maka kedua pihak yang berkonflik dan terlibat dalam masalah yaitu Anda dan pasangan disarankan untuk melihat masalah dengan persektif yang tepat. Dengan adanya tuntunan konselor, maka proses tranparansi pun terjadi. Sehingga Anda dan pasangan menjadi mampu melihat lebih jelas akan hal apa sebenarnya yang menjadi inti masalah.

 

Pendampingan

Setelah masalah ditemukan, maka konselor berperan untuk memberikan pendampingan, pembekalan, pemberdayaan (coaching and mentoring) pada setiap action plan yang telah ditetapkan untuk dilakukan oleh pihak suami dan istri. Tak hanya itu saja, konselor pun mempunyai andil memberikan dukungan mental dan spiritual bahwa Anda dan pasangan akan mampu menyelesaikan persoalan di kemudian hari.


Tetap Memelihara Hubungan

Perkawinan yang sehat tentu perlu aspek pemeliharaan. Perlu “tune-up”, perlu “servis rutin” sehingga memastikan segala sesuatu berjalan pada rel yang benar dan memenuhi ekspektasi Anda dan pasangan. Konselor bertugas untuk memastikan, ketika persoalan telah terselesaikan maka kedua belah pihak tidak terjebak kembali kepada rutinitas yang membosankan. Tapi senantiasa diperbaharui, diperkaya sehingga walau perkawinan sudah berlangsung bertahun-tahun tetap menggairahkan dan tidak membosankan. Tetap mampu menemukan “greget” nya dan tetap senang untuk dijalani.

Pada intinya, konselor selalu mengaturkan strategi untuk menemukan solusi secepat mungkin. Semua permasalahan akan terpecahkan serta terselesaikan selain bantuan dari konselor namun juga dari diri Anda serta pasangan.

 

sumber: theknot

RELATED ARTICLES