POST TITLE
post subtitle
Back to Lemariage
  • Logo Lemariage
  • Logo Lemariage
Tips Merapihkan Gigi Sebelum Hari H | Le Mariage Indonesia

Tips Merapihkan Gigi Sebelum Hari H | Le Mariage Indonesia

Health

Tips Merapihkan Gigi Sebelum Hari H

by GS 03 Apr 2018


Jika hari H anda masih sekitar 1-2 tahun kemudian, maka lebih banyak pilihan yang tersedia untuk merapihkan gigi anda.

Pilihan untuk merapihkan gigi secara garis besar ada 2 macam, yang melekat pada gigi secara permanen dan yang bisa dilepas pasang sendiri.Yang melekat pada gigi antara lain metal braces, clear braces atau lingual braces. Yang bisa dilepas pasang sendiri adalah clear aligner atau lebih dikenal dengan Invisalign.

Lingual braces sudah mulai ditinggalkan dan digantikan dengan clear aligner, karena meskipun tidak terlihat dari depan, tetapi penggunaan nya tidak nyaman karena diletakkan di belakang gigi.

Untuk clear aligner, keunggulannya adalah tidak terlihat, baik pada waktu pre-wedding maupun hari H, bisa dilepas sewaktu makan dan sikat gigi, sehingga nyaman dan sangat baik secara estetik.

Jika hari H anda sekitar 6 bulan kemudian, tentu saja pilihan menjadi lebih sedikit yaitu hanya pada clear aligner dan veneer. Tetapi jika budget anda terbatas untuk menggunakan clear aligner, ada solusinya dengan menggunakan metal braces, tetapi minta dilepas pada waktu pre-wedding dan hari H kemudian dipasang kembali setelah selesai.

Tentu saja waktu perawatan menjadi lebih lama karena harus dilepas dan dipasang kembali, tetapi setidaknya selama 6 bulan tersebut gigi anda sudah tampak lebih rapih waktu tersenyum.

Alternatif lain bisa menggunakan veneer, tetapi untuk jangka panjang tidak disarankan, karena meskipun bisa langsung terlihat rapih giginya tetapi dibutuhkan preparasi atau dikecilkan giginya pada bagian labial atau permukaan gigi minimal 0,5 mm bahkan lebih dan seumur hidup harus menggunakan veneer.

Jika veneer pecah, rusak, atau lepas maka harus diganti dengan yang baru, dan tentu saja membutuhkan biaya lagi

Keuntungan yang di dapat selain gigi yang rapih, senyum yang indah dan menawan pada waktu hari H, kamu juga mendapatkan gigi yang sehat.

Karena perawatan dan deteksi dini lubang gigi menjadi lebih mudah. Lain hal nya dengan gigi yang bertumpuk atau berjejal, menjaga kebersihan gigi pun lebih sulit, sehingga lebih mudah berlubang. Lubang baru terlihat setelah gigi menjadi rapih. (Drg. Linus Boekitwetan, M.Kes)

RELATED ARTICLES