POST TITLE
post subtitle
Back to Lemariage
  • Logo Lemariage
  • Logo Lemariage
LIGA : New York Fashion Week 2020 | Le Mariage Indonesia

LIGA : New York Fashion Week 2020 | Le Mariage Indonesia

NEWS

LIGA : New York Fashion Week 2020

by GS 25 Feb 2020


Dunia mode Indonesia semakin semarak dengan hadirnya perancang-perancang berbakat yang telah memberikan sokongan pada perkembangan mode Tanah Air. Salah satunya adalah  Maggie Hutauruk-Eddy, founder sekaligus Creative Director dari sebuah label bernama 2Madison Avenue.

Lulus dari Rhode Island School of Design, Amerika Serikat, dan ikut serta tiga kali berturut – turut dalam ajang mode dunia paling bergengsi New York Fashion Week sejak tahun 2018. Rancangan Maggie memperlihatkan sebuah daya tarik dari sudut pandang berbeda yang ia peroleh dari ide - ide kreatif orisinil yang muncul, termasuk saat belajar mode dan pengalaman berkreasi selama dua belas tahun bermukim di New York.

Karya teranyar dari 2Madison Avenue adalah enam belas set busana yang dipertunjukkan di panggung New York Fashion Week (NYFW) Fall/Winter Collections 2020/2021. Karyanya diberi tajuk: Liga (League). Dipentaskan pada 10 Februari 2020 jam 2 siang waktu setempat, bertempat di lantai 1 sebuah gedung berusia 150 tahun, dan terletak di daerah Soho, tepatnya di 417 Broadway, New York 10013.

Melalui enam belas busana wanita dan pria dengan sebuah visi baru tentang karya yang lahir dari rasa peduli akan lingkungan hidup, keprihatinan terhadap bumi yang dilihat dari kacamatanya. Maggie juga tidak lupa menggunakan gaya eklektik sebagai ciri khas 2Madison Avenue, yang mencampurkan corak, warna, tekstur, struktur, dan konstruksi ke dalam karyanya. Koleksi yang ditampilkan dalam ’look’ yang pas untuk meneriakkan misinya tanpa berkesan berlebihan. Perjalanan Liga disajikan lewat 16 rancangan eksklusif prêt-à-porter, plus enam rancangan tambahan yang dipresentasikan secara khusus di depan calon pembeli, usai peragaan.

Liga merefleksikan kegelisahan Maggie atas kegaduhan penghuni bumi yang lebih memilih peduli pada kesenangan pribadi dibanding lingkungan sekitar yang diekspresikan dalam warna terang seperti pink, biru, serta yang kelam seperti hitam, silver, dan warna silau seperti kuning. Maggie memilih Greta Thunberg si gadis belia Swedia yang diusulkan untuk menerima nobel perdamaian karena kepeduliannya terhadap lingkungan hidup, Presiden Amerika kontroversial Donald Trump, mantan menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pudjiastuti. Hingga Presiden RI, Joko Widodo. Semua tokoh itu mengenakan jaket ala Greta untuk menguatkan inspirasi utama tentang kepedulian dan satiris Maggie terhadap lingkungan hidup, selain mengayakan koleksi.

Meskipun berisi kritik, sebuah karya mode, terutama pakaian ready-to-wear, tetaplah tampil cantik, gaya, memanjakan mata, mendebarkan hati, dan dapat dinikmati sebagai sesuatu yang indah dan berdaya pakai. 2Madison Avenue menjadi satu-satunya desainer dari Indonesia diantara tujuh desainer Asia lainnya sepertu Yiyi Kwok, Yi-Ting Lee, Bettie Kim, Ruojing Wang, Chun Han, Bingyao Cheng, dan Shuai Zeng.

Di bawah naungan CADA (the Council of Asian Designers of America), berpusat di Amerika Serikat yang mewadahi desainer Asia untuk berunjuk karya di New York Fashion Week. Penampilan mereka dapat dicek melalui : https://nyfw.com/designers/cada-fashion-collective/

Maggie juga menjadi satu-satunya desainer yang diwawancara oleh kantor berita berkaliber internasional, Reuters, dan mendapatkan apresiasi yang besar dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI).  Keenam belas rancangan eksklusif koleksi Liga dipresentasikan kembali khusus di hadapan rekan-rekan media saat acara Media Gathering pada 18 Februari 2020 di Studio 1, InterContinental Jakarta. Pada acara ini,hadir juga Dr. Nur Arif, seorang penulis, peneliti, pemerhari lingkungan hidup, serta Adi Surantha, seorang fashion stylist sebagai pembicara

 

RELATED NEWS