POST TITLE
post subtitle
Back to Lemariage
  • Logo Lemariage
  • Logo Lemariage
Sapto Djojokartiko Mengapresiasi Keindahan Dalam Keseharian Melalui Koleksi Fall/Winter 2020 dan Membuka Flagship Store Pertama di Indonesia Koleksi | Le Mariage Indonesia

Sapto Djojokartiko Mengapresiasi Keindahan Dalam Keseharian Melalui Koleksi Fall/Winter 2020 dan Membuka Flagship Store Pertama di Indonesia Koleksi | Le Mariage Indonesia

NEWS

Sapto Djojokartiko Mengapresiasi Keindahan Dalam Keseharian Melalui Koleksi Fall/Winter 2020 dan Membuka Flagship Store Pertama di Indonesia Koleksi

by GS 19 Mar 2020


Koleksi Fall/Winter 2020

Sapto DJojokartiko kembali untuk menampilkan koleksi Fall/Winter 2020 (F/W 20) dengan menggunakan momentum F/W 20 showcase ini untuk membawa para tamu mengintip flagship store pertamanya yang hadir di Plaza Senayan, Jakarta. Pada koleksi ini, Sapto Djojokartiko mengambil langkah berani dalam bermain dengan warna dan juga siluet yang ditampilkan. Sapto Djojokartiko ingin membawa kembali filosofi-filosofi dasar kreatifitas dengan menggunakan campuran warna, ide kreatif, dan insipirasi besar dari aliran seni ekspresionisme.

Sapto Djojokartiko menjelaskan “ Saat ini, penting bagi kami sebagai desainer untuk memiliki tujuan dalam berkarya dan jujur saja, bekerja di industri mode membuat saya harus bisa menggabungkan sisi kretifitas dalam berkesenian dengan seluruh komponen komersil. Koleksi F/W 20 ini terinspirasi dari karya besar salah satu artis favorit saya, seorang pelukis yang berasal dari Austria bernama Egon Schiele. Beliau adalah seorang protégé dari pelukis ternama Gustav Klimt. Schiele adalah seorang pelukis figuratif utama pada awal abad ke-20. Karyanya dikenal karena intensitas dan seksualitas dalam berkarya ,disertai dengan bentuk guratan yang cenderung meliuk dan tidak selalu harus proporsional. Tetapi yang paling menarik menurut saya, adalah kenyataan bahwa sebagai seorang seniman, ia kerap menumpahkan emosi dan juga menggali makna dan definisi kecantikan di mata publik pada masanya.”

Koleksi ini memamerkan campuran dari berbagai jenis kain pilihan dan detail unik yang dikemas dalam warna-warna nude dengan sedikit sentuhan warna plum dan fuschia yang kemudian juga dipadukan dengan warna-warna gelap seperti charcoal, clematis, indigo, saphire dan onyx black untuk menyiratkan kesan mendalam yang sering didapati ketika musim dingin tiba. Seperti biasa, kesan mewah dan menawan terdapat dalam sentuhan warna emas dan perak di beberapa detail pakaian.

“Sangat penting bagi pelanggan yang mengenakan hasil karya saya untuk merasa nyaman dalam berpakaian. Mereka harus nyaman menjadi diri mereka ketika berpakaian dengan memaknai bentuk kecantikan versi mereka masing-masing. Cantik itu relatif dan maknanya bisa beragam.  Secara garis besar, pakaian yang kami tampilkan mempertunjukan brand DNA Sapto Djojokartiko. Namun itu saja bekum cukup, kepribadian orang yang mengenakan merupakan pelengkap dari keseluruhan penampilan. Tanpa rasa percaya diri dan juga kecintaan terhadap diri sendiri melalui definisi cantik masing-masing individu, pakaian tersebut tidak akan memiliki kesan dan makna yang spesial”, ujar Sapto Djojokartiko

Melalui koleksi ini, Sapto Djojokartiko berharap agar dapat membuka mata banyak individu untuk mulai melihat keindahan semesta yang mengelilingi mereka tanpa harus berkaca pada siapapun selain diri sendiri.

 

Sapto Djojokartiko Flagship Store, Plaza Senayan

Setelah lebih dari dua belas tahun berkarya di industri mode tanah air, Sapto Djojokartiko membuka pintu flagship store pertamanya di Indonesia yang terletak di Plaza Senayan, Jakarta. Disini Sapto Djojokartiko  bermaksud menyuguhkan suasana hangat dan kekeluargaan agar setiap pengunjung dapat menggali lebih dalam filosofi dari rumah mode tersebut.

“Saya selalu memiliki keinginan untuk menciptakan komunitas kecil bagi Sapto Djojokartiko, sesuatu yang lebih dari keinginan memiliki sebuah barang maupun mengadopsi sebuah bentuk gaya hidup. Harapannya tempat ini dapat menjadi wadah bagi siapapun untuk bertukar ide dan juga berdiskusi. Dengan membuka toko ini untuk umum, saya berharap kita dapat berbagi dan bercerita mengenai perkembangan industri mode di tanah air yang terus berkembang dan bagaimana sebagai komunitas kita dapat membantu membangun dan melestarikan tradisi berbusana yang turun temurun di Indonesia” ujarnya menjelaskan.

Konsep flagship store ini merupakan diskusi awal bersama Brian Gondokusumo dan Julia Lestari dari Gondojules yang mengusung konsep untuk menciptakan ruang dimana para pengunjung dapat merasakan dampak dari setiap visual yang disuguhkan tanpa merasa terprovokasi dengan kehadiran setiap elemen yang ada didalam ruangan tersebut.

Begitu juga dengan kamar ganti yang nyaman tersedia didalam toko agar pengunjung dapat dengan nyaman menghabiskan waktu didalam toko. Sebagian besar koleksi yang ada di flagship store ini tidak dapat ditemukan di tempat lain. Oleh karena itu, pengunjung akan dimanjakan dengan koleksi yang unik dan eksklusif ketika berbelanja di flagship store Sapto Djojokartiko.